Apakah file dalam komputer anda pernah terkena virus?…pusing tujuh keliling jika file-file dalam komputer terkena virus, lalu bagaimana cara mengembalikannya?…bagi anda yang masih pemula dalam mengoperasikan komputer tidak usah panik, karena sebenarnya virus hanya menyembunyikan folder/file asli milik kita, kemudian file yang ditampilkan dikomputer itu hasil duplikat yang dibuat oleh virus tersebut dengan ekstensi yang telah diubah, sedangkan folder/file asli milik kita diubah atributnya menjadi file system sehingga menjadi super hidden, meskipun anda opsi pada “Tools” > “Folder option” dengan mengaktifkan show hidden files and folder, tetap saja tidak akan terlihat.

Nah untuk mengembalikannya lakukan cara sebagai berikut:

    1. Buka window explorer
    2. Klik menu Tools > folder option
    3. Klik tab View. hilangkan centang pada Hide protected system files (Recommended) seperti gambar berikut

    1. Setelah muncul peringatan, “klik Yes / OK”
    2. Kembali ke Explorer folder/file yang sebelumnya disembunyikan virus akan terlihat samar seperti gambar dibawah ini,

      dan kita dapat menormalkan kembali semua folder/file tadi dengan cara scan terlebih dahulu komputer anda dengan antivirus yang ada semisal AVG atau Avira update terbaru.

    1. Setelah komputer bersih dari virus langkah selanjutnya klik “Start Menu” pilih “Run” dan ketik CMD lalu Enter untuk membuka Command Prompt Application
    2. Masuklah ke folder yang filenya terkena virus, contoh yang saya buat kali ini, file berada di folder data drive D. Ketika cursor sudah berkedip di layar command prompt, ketik D: lalu enter, kemudian ketik cd data lalu enter untuk masuk ke folder data.
    3. Ketik perintah “attrib *.* -s –h –r /s /d” lalu Enter seperti gambar berikut,

  1. Dan lihat hasilnya semua folder/file yang tadinya disembunyikan virus akan normal kembali dan dapat kita buka.

Jadi, jangan panik ketika folder atau file terkena virus yang seolah-olah file tersebut hilang, dengan langkah-langkah diatas, folder atau file yang tadinya disembunyikan virus akan normal kembali.
Namun bagaimana jika Folder Option juga dihilangkan? .. .. .. caranya bisa anda pelajari di artikel saya Cara mengembalikan Registry Editor.
Karena kita semua telah mengetahui bahwa saat ini banyak sekali varian virus komputer yang menyerang komputer dengan berbagai macam effect berbeda, tidak hanya menyembunyikan file atau folder saja, bahkan ada yang lebih parah dari kondisi tersebut.

About these ads